Kalabiru Menampilkan Indahnya Perbedaan lewat Video Musik, “Abstaksi Kesadaran”

0

Kalabiru, kuartet independen asal Jakarta yang telah merilis single perdana berjudul “Abstraksi Kesadaran” pada 27 April lalu, kali ini melepas video musik lagu tersebut sebagai media untuk memvisualisasikan makna yang terkandung di dalamnya.

Berbicara tentang konsep video musik, Kalabiru bercerita mengenai seseorang lelaki yang dikurung dalam sebuah ruangan dalam kondisi terikat dan kemudian berusaha untuk melepaskan ikatan tersebut. Ini merupakan bentuk penggambaran dari konsep rantai belenggu yang sebenarnya diciptakan oleh diri kita sendiri sebagai manusia.

Semakin ia sadar terhadap situasi perbedaan sosial yang beraneka ragam, semakin kuat pula keinginannya untuk melepaskan ikatan tersebut. Ia meyakini jika belenggu itu dapat dilepas, maka dirinya akan menyadari bahwa perbedaan adalah sesuatu yang indah dalam proses kehidupan. Alhasil, ia pun bisa mendapatkan ruang lebih untuk berekpsresi, berkarya, serta saling bahu membahu dengan sesama yang mengalami kesulitan.

Menurut Kalabiru, kita harus memperlihatkan kepada masyarakat jika Indonesia merupakan sebuah bangsa dengan berbagai macam perbedaan di dalamnya. Sudah saatnya kita sadar untuk bergerak bersama guna mencapai suatu perubahaan yang diinginkan dan bukan hanya mengandalkan omong kosong belaka.

Video musik “Abstraksi Kesadaran” dirancang melalaui ide pemikiran Gemilang yang kemudian dikemas oleh Fransiscus Djordy Iskandar sebagai sutradara. Sementara pengambilan gambarnya dilakukan oleh Baskoro Yunanto. Selain diperankan oleh Gemilang sebagai seseorang yang terbelenggu, video musik ini juga menampilkan beberapa kawan terdekat para personel Kalabiru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here