Unit Post-Hardcore Malang, MIKA, Tuangkan Keresahan Kehidupan di Debut Album “For Every Bump On The Road, For Every Storm In The Sky”

0

MIKA, sebuah band post hardcore yang hadir sejak 2014 di Kota Malang telah merilis debut albumnya yang berjudul “For Every Bump On The Road, For Every Storm In The Sky“ yang juga pernah menjadi judul Album mereka.

Menggabungkan post-rock, melodi khas math-rock dan pattern drum ala melodic hardcore modern (fans Counterparts dan Being as an Ocean mungkin paham), MIKA menyerahkan pelabelan kembali kepada pendengar, dan memilih status post-hardcore yang fleksibel. Bahkan lagu MIKA yang berjudul “Revival” saja terpengaruh oleh TIGAPAGI dan The Trees and The Wild. MIKA sempat merilis album ini dalam format fisik terbatas dengan sleeve self print dan book binded, yang intinya semua digarap DIY dan handmade. 

Saat memasuki era pandemi pun, rekaman dan perilisan album mereka pun sedikit terkendala hingga pada akhirnya pergerakan kembali MIKA dimulai pada 10 Oktober 2022 saat mereka menggelar Secret Showcase untuk mempromosikan album  “For Every Bump On The Road, For Every Storm In The Sky“ dan menyusul mencetak 50 keping cd fisik yang dibundel dengan merchandise T-Shirt.

CD yang dicetak limited 50 keping tersebut laku keras, sold-out namun MIKA tergolong band yang rendah jam terbangnya karena kesibukan personil sendiri. Sejak gig intimate mereka pada Februari 2022, MIKA pun baru hadir sekali di bulan Juli di Emonight Malang, 2022, bulan September di Kickfest XIV dan Heartfelt 14. 

Rizky Ananda Arif (vokal), Monica Yurike (vokal 2), Ramadhan Kautsar (gitar), Ari Dwi Rizky (bass), Syith “Boim” Ibrahim Idris (gitar) dan Bogi Prananda Satyagama (drum) adalah formasi MIKA terkini yang walaupun diselingi long distance band-mateship dan kesibukan menjadi pegawai startup, masih berjalan untuk melangsungkan kehidupan musisi mereka. Di saat tanggapan perform datang, MIKA akhirnya menggandeng El Tria dari unit crossover thrash Malang, Dazzle untuk menggantikan sementara posisi Boim yang kerja di luar kota. PIlihan menggandeng Monica Yurike sebagai vokal 2 pun menambah khasanah musik MIKA yang sedikit mengingatkan kita pada formasi band The World Is a Beautiful Place & I Am No Longer Afraid to Die.

Kini setelah 50 keping cd  “For Every Bump On The Road, For Every Storm In The Sky“ sold out, MIKA memutuskan untuk mendistribusikannya via situs Bandcamp. Isi dari album ini harus segera dipublikasikan agar tidak kehilangan momentum, namun juga MIKA menyadari bahwa Bandcamp lah platform yang paling mempunyai feedback nyata. Sehingga mengutamakan upload bandcamp merupakan hal yang masuk akal. 

 “For Every Bump On The Road, For Every Storm In The Sky“ menceritakan tentang kisah-kisah pribadi dari anggota-anggota MIKA. Di mana kisah – kisah tersebut tidak hanya meliputi tema cinta romantik namun juga hubungan pertemanan dan hubungan keluarga. Contoh seperti dua lagu pertama yaitu Embrace dan Losing Fight. Embrace bercerita tentang hubungan ayah dan anak, di mana anak itu selalu mengingat kenangan masa kecil bersama ayahnya yang sudah berpulang ketika melalui masa terberatnya. Sang anak berharap untuk bertemu kembali dengan ayahnya walau dalam mimpi. Sedangkan Losing Fight bercerita tentang sudut pandang sang ayah yang sedang sakit keras dan menjelang akhir hayatnya. Sang ayah terbayang bagaimana dia akan melewatkan momen momen kedewasaan, pernikahan dan kelahiran setelah dia tiada. Tema orang tua dan anak pun juga ditemui di track 5 Stay for The Night yang bercerita tentang pengalaman pribadi salah satu personil, ketika sang ayah berpulang, dia sedang bekerja di luar pulau dan melewatkan pemakamannya. Sang personil menyesali situasi ketika mestinya dia hadir di momen terakhir sang ayah, ternyata harus berada di tempat yang jauh. Selain tema keluarga, ada juga tema tentang cobaan, penerimaan, keikhlasan dan kenyataan hidup bahwa orang kan datang dan pergi seperti di track 6, 7 dan 8 yaitu For Every Bump On The Road / For Every Storm In The Sky, Acceptance dan Glance. 

Bisa dibilang Mika adalah salah satu band post-hardcore Malang yang sangat memberi perhatian lebih terhadap lirik dan detail temanya. Menjadikan jalan kehidupan dan situasi pribadi para personil Mika sebagai refleksi dan jembatan untuk berkomunikasi dari hati ke hati kepada para pendengar dan fans. Bagi yang telah menanti momen berkontemplasi bersama Mika, album “For Every Bump On The Road, For Every Storm In The Sky” sendiri telah hadir di Spotify pada tanggal 17 November 2022 dan akan segera menyusul di Apple Music dan Bandcamp.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.