KNIV. Merilis Maxi-single Perdana Sebagai Bentuk ‘Perkenalan’

0

Band noise/heavy pop asal Jakarta, KNIV. merilis maxi-single debutnya yang bertajuk Lingkaran/Dekadensi pada 22 Oktober 2022. Single ini merupakan upaya awal KNIV. untuk “berkenalan” sekaligus menunjukan eksistensinya kepada skena musik Indonesia.

Memiliki pengaruh musik yang sangat beragam, mulai dari indie rock, pop, punk, metal, hardcore, hingga R&B, keempat personnel KNIV. yang terdiri dari Geger (vokal), Andrew (gitar), Aldy (bass), dan Kachida (drum) meleburkan semua referensi mereka dalam membuat dan mengaransemen kedua nomor ini.

Baik dari segi aransemen musik maupun lirik, kedua lagu ini bak dua sisi koin yang bertolak belakang namun saling terkait. “Lingkaran” yang menceritakan tentang romantisme ‘tongkrongan’ dan bagaimana kebahagiaan sederhana bisa tercipta dari kegiatan tersebut memiliki nuansa musik yang lebih pop namun dengan raungan gitar overdrive yang membuat lagu ini terasa lebih ‘bertenaga’.

“Dekadensi” di sisi lain bercerita tentang kemerosotan gairah yang disebabkan oleh tekanan dari atas dan segala bentuk kemuakkan yang disebabkan oleh hal tersebut. Lagu yang dibungkus dengan musik yang agresif, mentah dan straight forward ini juga memiliki sedikit pengaruh doom/stoner metal pada paruh akhir untuk menggambarkan luapan amarah sosok dalam lirik lagu tersebut.

“Lingkaran” dengan tema lirik dan aransemen musik yang lebih ceria dan kegeraman pada lagu “Dekadensi” adalah dua nuansa perasaan yang sering dirasakan tiap orang dalam kesehariannya. Hitam dan putih, siang dan malam, air dan api, yin dan yang, konsep inilah yang KNIV. coba sampaikan dalam rilisan debutnya ini.

Direkam di ALS Studio, proses pengerjaan karya perdana ini bisa dibilang memakan waktu cukup lama. Minimnya jam terbang dalam hal perekaman musik menjadi masalah utama yang harus dihadapi. 

“Kita berempat memang masih bisa dibilang minim jam terbang recording-nya. Tapi, ya sikat aja lah. Masa udah capek-capek bikin lagu nggak direkam? Sayang banget,” ungkap Aldy saat mengingat kembali proses rekaman.

“Salam kenal dari kami, dan selamat mendengarkan Lingkaran/Dekadensi,” tutup KNIV.Lingkaran/Dekadensi sudah bisa didengarkan di semua platform streaming musik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here