Ikkubaru Resmi Mengeluarkan Video Klip Untuk Lagu Berjudul “Chasing Your Shadow”

0
92

GRUP musik city pop asal Bandung, Ikkubaru, resmi mengeluarkan video klip untuk lagu mereka yang berjudul “Chasing Your Shadow”. Lagu tersebut berada di rilisan ikkubaru bertajuk “Amusement Park”, sebuah album penuh perdana milik band beranggota Muhammad Iqbal (Vocal, Keyboard, Guitar), Rizki Firdausahlan (Vocal, Guitar), Muhammad Fauzi Rahman, (Bass) dan Banon Gilang (Drum), yang dirilis di dua Negara. Album ini disebar di Jepang melalui Hope You Smile Records (2014) sedang Album versi Indonesia ini dicetak dan didistribusi oleh Misashi Records dan Monolite Records (2017).

Dalam pembuatan video ini, ikkubaru mempercayakan penggarapan kepada Andi Gondi, seorang sutradara muda asal Jakarta. Andi Gondi sendiri dikenal sebagai sosok yang banyak terlibat dalam beberapa proyek video klip. Misalnya, sebagai director untuk video klip Spaceandmissile – Play, Rewind, Erase, Muntheboyd – Perfect Hard Love. Juga terlibat dibeberapa penggarapan lain seperti video klip Blackteeth – Anjing Kantor, Kronutz – I Need More Love, Teman Sebangku – Sing About You, Oscar Lolang – Little Sunny Girl, Angsa & Serigala – Hitam & Putih dan lain sebagainya.

Menurut penuturan Andi Gondi, video “Chasing Your Shadow” sendiri pada dasarnya menawarkan cuplikan kehidupan pribadi salah satu personel ikkubaru, dengan kemasan elemen arsitektural yang kental. Konsep awalnya, berangkat dari kacamata Andi Gondi melihat kehidupan seorang pencipta lagunya. “Pola desain atau pola rancangannya dikemas sederhana sebetulnya, bersama tim saya hanya mengembangkan segi visualnya saja. Pengembangan visual yang dilakukan adalah dengan melihat perspektif lain dari isi lagu “Chasing Your Shadow”,” katanya.

Perspektif lain yang dimaksud adalah dengan dilibatkannya seorang perempuan asal Bandung yakni Karina Sokowati. Alhasil, Perempuan yang juga dikenal sebagai seorang praktisi independen yang ikut andil diberbagai medium kesenian—dikenal pula sebagai pendiri kolektif seni bernama Kongsi Callow, itu didapuk menjadi aktor utama dalam video berdurasi 4 menit lebih ini.

“Penglihatan saya terhadap personal pencipta lagu, saya terapkan kepada sosok perempuan yang diperankan Karina Sokowati. Perspektif lagu “Chasing Your Shadow” sendiri saya balik, diperankan oleh perempuan. Alasannya, saya pribadi yakin dengan karakteristik seorang Karina Sokowati. Ia dapat membangun emosi yang saya mau. Karina Sokowati dapat memberikan ragam ekspresi, baik itu naik dan turun dengan begitu maksimal, dan itu tentu baik bagi kebutuhan visual yang diinginkan, terutama untuk penggambaran lagunya secara utuh,” ujar Andi Gondi menjelaskan.

Lebih jauh, lanjut Andi Gondi, diluar yang telah dijelaskan. Video klip “Chasing Your Shadow” memiliki benang merah lain yang ingin disampaikan. Mulai dari lokasi dan Nuansa yang dibangun yaitu dengan sajian pendekatan suasana 80-an, lokasinya sendiri diambil diberbagai sudut di Kota Bandung, ragam tempat yang dianggap sangat memiliki keterwakilan dengan konsep yang diusung.

“Lokasi yang kami pakai adalah salah satu elemen yang hendak kami tawarkan—kepada publik, makanya setting utama yang dibangun adalah nuansa 80’an. Nilai arsitekturalnya yang memang ingin dimunculkan. Lebih dari pada itu, Rooftop, pun kemudian menjadi benang merahnya, yang untungnya cuaca juga sedang berbaik hati pada saat pengambilan gambar, jadi prosesnya tidak terganggu,” tukasnya.

Sementara itu, Lagu “Chasing Your Shadow” sendiri pada dasarnya bercerita tentang kisah seorang insan manusia yang jatuh cinta kepada lawan jenisnya, namun sulit atau susah untuk bisa didekati. Suara (musik) yang digambarkan, pun melukiskan situasi tersebut, suasana hati yang gelap dan hanya meninggalkan sedikit “cahaya” yang mungkin kita bisa anggap, sebagai “harapan yang kecil”.

“Lagu ini singkatnya mewakili keadaan seseorang yang sedang mengejar cintanya, Sosok yang mewakili lagu ini, rela untuk membuang waktu untuk orang yang ia cintai, selalu berdoa untuk bisa bersama. Namun sayangnya sampai kapanpun dia sendiri tahu, bahwa apa yang diharapkan tidak akan pernah tercapai dan tersampaikan,” cetus Iqbal selaku penulis lagu.

Sebagai catatan, kabar terbaru dari Ikkubaru ini juga sebagai penanda awal kegiatan lain dari band yang berdiri sejak 2011 lalu itu di tahun ini. Saat ini, ikkubaru sedang bersiap untuk single terbaru mereka. Tajuknya masih dirahasiakan, namun perilisan dijadwalkan dalam waktu dekat di Jepang oleh Hope You Smile Records, diikuti pula dengan rangkaian tour kebeberapa Kota disana selama 2 pekan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here